Calendar

Last month September 2017 Next month
S M T W T F S
week 35 1 2
week 36 3 4 5 6 7 8 9
week 37 10 11 12 13 14 15 16
week 38 17 18 19 20 21 22 23
week 39 24 25 26 27 28 29 30
Members : 10841
Content : 289
Web Links : 4
Content View Hits : 227076
We have 81 guests online
Berkah Di tengah Bencana PDF Print E-mail

PUSAT STUDI BENCANA (www.psb.ipb.ac.id) DALAM RANGKA PROGRAM  IPB PEDULI MENGIRIMKAN BANTUAN MESIN BATAKO PRESS  UNTUK KORBAN LETUSAN MERAPI DAN BANJIR LAHAR DINGIN

Bencana erupsi Gungung Merapi yang terjadi di penghujung tahun 2010 telah menyebabkan sejumlah kerugian bagi penduduk sekitar. Selain kerusakan yang ditimbulkan akibat sapuan awan panas, kini warga lereng merapi juga harus siap siaga terhadap ancaman banjir lahar dingin yang sewaktu-waktu bisa datang. Namun di balik bencana yang terjadi, warga di sekitar lereng Gunung Merapi mendaptakan “berkah” dengan banyaknya pasir yang terbawa saat erupsi maupun banjir lahar dingin. Sayangnya, potensi tersebut belum bisa dimanfaatkan secara optimla oleh warga di sekitar lereng Gunung Merapi karena keterbatasan sarana yang dimiliki.

“Potensi pasir yang besar disini belum bisa dimanfaatkan secara optimal, oleh karena itu saat ditawari bantuan dari IPB Peduli kami mengusulkan untuk diberi bantuan berupa mesin batako press,” tutur Sungkono, Kepala Desa Jumoyo, salah satu wilayah di Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang yang terkena dampak paling parah akibat bencana erupsi dan banjir lahar dingin Merapi.

Aspirasi tersebut langsung direspon oleh pihak IPB Peduli Bencana, dalam hal ini Pusat Studi Bencana, dengan memberikan bantuan berupa dua buah mesin batako press ke dua lokasi yaitu Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang dan Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Aspirasi tersebut diperoleh ketika Kepala Pusat Studi Bencana IPB (Dr. Ir. Euis Sunarti) mengunjungi Kecamatan Salam untuk mengkonfirmasi bentuk bantuan yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat korban bencana.  Serah terima bantuan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2011 yang diterima langsung oleh Camat dan Kepala Desa di masing-masing lokasi. Penyerahan bantuan dilakukan oleh dua orang perwakilan IPB Peduli yaitu Agus Surachman (wakil Pusat Studi Bencana) dan Hassan Afif (Menteri Soslingmas BEM KM IPB).

“Bantuan dari IPB Peduli ini akan sangat membantu warga Cangkringan, khsususnya warga Desa Kepuharjo untuk kembali membangun rumah mereka,” tutur Saiful Bahri, Camat Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Saiful Bahri menambahkan bahwa di wilayahnya sendiri terdapat sekitar 2587 rumah yang rusak akibat bencana Merapi. Warga membutuhkan batako untuk kembali membangun rumah mereka, sehingga bantuan berupa mesin batako press yang diberikan dinilai sangat tepat.

Kegiatan pemberian bantuan mesin batako press kepada korban bencana Merapi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan IPB Peduli dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan-kegiatan lain seperti IPB Go Field peduli Merapi. Sejumlah mahasiswa ditempatkan di beberapa titik bencana Merapi untuk turut menjadi relawan.

psb1

Serah terima bantuan mesin batako press di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan

psb2

psb

Serah terima bantuan mesin batako press di Desa Jumoyo Kecamatan Salam

Bantuan berupa mesin batako press dari IPB Peduli untuk korban bencana Gunung Merapi

 


Powered by Joomla!. Designed by: lonex.com value hosting Valid XHTML and CSS.