Calendar

Last month February 2019 Next month
S M T W T F S
week 5 1 2
week 6 3 4 5 6 7 8 9
week 7 10 11 12 13 14 15 16
week 8 17 18 19 20 21 22 23
week 9 24 25 26 27 28
Members : 13159
Content : 266
Web Links : 4
Content View Hits : 266933
We have 133 guests online
Pengantar PDF Print E-mail

Yon

PENGANTAR:

Sebagai institusi bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat di IPB, Pusat Studi Bencana harus tetap terus melakukan transformasi untuk menjadi pusat andalan yang berkualifikasi nasional dan internasional.  Berbagai persoalan internal dan eksternal menjadi inspirasi untuk membangun sebuah kekuatan insitusi melalui pusat riset.

Saat ini isu kebencanaan tidak hanya mencakup isu kerusakan sumberdaya alam, namun juga teknologi, sumberdaya manusia, bahkan kerusakan yang ditimbulkan oleh kegagalan tata kelola (policy disaster). Untuk itu kedepan Pusat Studi Bencana-LPPM IPB juga terus mengembangkan centre of excellence dalam beberapa divisi.  Pertama yaitu Natural Disaster dimana penaruh perubahan sumberdaya alam sangat dominan, seperti banjir, longsor, gempa bumi, tsunami, gelombang pasang, kerusakan sumberdaya hayati dan lingkungan, gunung berapi serta dampak dari invasive pecies.  Kedua Technologycal disaster yang menfokuskan pada dampak yang terjadi karena kegagalan teknologi.  Banyak bentuk kegagalan teknologi misalnya kerusakan bangunan, kerusakan jembatan dan jalan, disaster karean kegagalan trasportasi didarat, laut dan udara, perusakan lanskape karena penggunaan teknologi, pertambangan maupun kegagalan karena accident lingkunga Industri.  Ketiga policy disaster merupakan bencana yang ditimbulkan karena kegagalan kebijakan.  Misalnya kebijakan pertambangan, kegagalan kebijakan kehutanan, perikanan. Aspek kebencanaan yang terkait dengan policy dapat seperti kegagalan adaptasi kebijakan, SDG Adaptation, Insurance dan preparedness, risk assessment and ekonomi management, serta legal assistance. Keempat yaitu community disaster yang mencakup perubahan struktur social, ethic, budaya, ekonomi, stunting (gizi buruk), serta migrasi penduduk.  Untuk mendukung ini, maka yang kelima adakah divisi kerjasama dan pemberdayaan masyarakat yang mencakup advokasi, publikasi, digital produk, education dan training serta conference dan seminar.

Dalam mempersiapkan semua itu, Pusat Studi Bencana tentuk akan bekerjasama dengan semua pihak, baik dalam dan luar negeri.   Untuk itu semua proses akan dilakukan secara bertahap dan konsisten dengan mengandalkan semua kekuatan yang ada serta penguatan kemitraan perguruan tinggi. Dengan semangat “seimbang dan sejalan” Pusat Studi Bencana IPB akan terus melakukan berbagai upaya mitiasi dari bencana yang potensial terjadi, maupun evakuasi saat bencana serta rehabilitasi, resilience, serta adaptasi dan advokasi dari bencana yang telah terjadi. Sehingga akan selalu tercipta green living dalam kehidupan masyarakat dan dunia.

 


Powered by Joomla!. Designed by: lonex.com value hosting Valid XHTML and CSS.